Bikin Nyesek!!! Kisah Sedih di Balik Bocah Sukabumi Putus Sekolah-Jual Gorengan

  • Whatsapp
Bocah Salma, penjual gorengan di Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

Sukabumi – Nurjanah (53), ibu sambung Salma Fauziah (13), bocah penjual gorengan di Sukabumi yang putus sekolah, bukan tak ingin menyekolahkan putrinya itu ke jenjang SMP. Sejak dinyatakan lulus Sekolah Dasar (SD) dan menerima ijazah dia sudah berusaha mencarikan sekolah untuk Salma.
Namun, biaya awal untuk masuk ke jenjang SMP itu cukup mahal, bahkan mencapai jutaan rupiah. Hal itu membuat Nurjanah mengurungkan niatnya untuk menyekolahkan Salma.

“Untuk ijazah SD saja saya menceritakan kondisi keluarga setelah terdampak pandemi. Alhamdulillah kepala sekolah tempat anak saya sekolah bisa mengerti dan akhirnya ijazah diberikan,” kata Nurjanah kepada detikcom di kediamannya, Gang Makam, Kampung Cipancur, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Senin (26/7/2021).

Sejumlah SMP disambangi. Mendengar soal masuk sekolah itu gratis, Nurjanah berkeliling dengan niat menyekolahkan anaknya.

“Saya coba kemana-mana, ternyata pakai biaya semua. Sampai-sampai terakhir sudah diambil fotokopi ijazah, KTP orang tua, KK, sampai ada di Sukabumi tetangga teman, katanya harus sambil pesantren. Ternyata pakai biaya juga, bahkan lebih besar, masuknya Rp 5 juta, belum per bulan,” cerita Nurjanah.

Nurjanah akhirnya menyerah dan memendam dalam-dalam keinginan menyekolahkan Salma. Suaminya yang hanya sopir angkot membuatnya kelimpungan mengabulkan keinginan Salma.

“Masuk sekolah juta-juta, maklum bapaknya sopir angkot. Kena dampak pandemi, bapak masih nyopir. Jalan juga hanya buang bensin,” ujarnya.

Sudah setahun ini Salma Fauziah berjualan gorengan. Salma, yang seharusnya duduk di bangku SMP, terpaksa putus sekolah karena penghasilan ayahnya terdampak pandemi Covid-19.

Keinginan menjual gorengan itu muncul dari Salma. Bahkan saat duduk di bangku sekolah dasar Salma sudah terbiasa membawa gorengan ke sekolahnya untuk dijual. Ia berjalan kaki menenteng keranjang berisi gorengan berangkat dari kediamannya di Gang Makam, Kampung Cipancur, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat.

Baca Juga  DAPAT PENGHASILAN PERHARI 120RB HANYA DENGAN DOWNLOAD APLIKASI INI

sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *