Management Trainee Adalah Solusi Fresh Graduate loh, Ini Penjelasannya!

  • Whatsapp

Udah lulus tapi bingung mau kerja dimana. Mengapa? tidak coba programnya Management Trainee?

Management Trainee adalah jalan menuju sukses lulusan baru potensi Memulai karir Anda dengan program ini akan membantu menerangi masa depan Anda. Bagaimana hasilnya? bisa

Untuk menjawabnya, Anda bisa membaca artikel ini dari Tugas Karyawan sampai akhir. Ayo!

Apa itu Management Trainee?

MManagement Trainee atau sering disebut program MT yang disediakan oleh perusahaan untuk terlibat lulusan baru potensi

Kuda adalah kuda latih dengan metode tertentu agar peserta dapat menduduki posisi kepemimpinan dalam waktu yang singkat. Tentunya konten tersebut dirancang agar setiap peserta dapat berkembang di perusahaan hosting MT.

Tidak semua perusahaan membuka program seperti itu. MT biasanya diproduksi oleh perusahaan dalam kategori FMCG (barang konsumsi yang bergerak cepat). Pergerakan jenis industri yang sangat cepat mengharuskan FMCG untuk anak muda yang memiliki potensi tinggi.

Ada juga BUMN, pertambangan, IT dan perusahaan keuangan yang juga membuka program yang sama. Satu hal yang jelas, itu adalah perusahaan besar pada umumnya.

Apa perbedaan antara kerja biasa ? Management Trainee?

Melamar pekerjaan secara rutin berbeda dengan mengikuti program Magang Manajemen. Perbedaannya cukup besar. Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan MT, tentu saja Anda harus melakukannya.

Berikut adalah beberapa perbedaan.

Tahap rekrutmen:

Memilih untuk mengikuti program MT di suatu perusahaan relatif lebih lama daripada melamar pekerjaan individu. reguler.

Untuk diterima, Anda harus lulus serangkaian tes berikut:

  • pemilihan administrasi
  • Psikotes
  • FGD (Diskusi kelompok fokus)
  • Wawancara dengan HR
  • Wawancara dengan direktur
  • Pemeriksaan kesehatan

Tahap di atas merupakan tahap standar. Faktanya, setiap perusahaan dapat memiliki perbedaan.

Tahap kontrak:

Saat Anda mengikuti program ini, Anda juga akan mendapatkan konten kontrak yang sedikit berbeda dengan pekerjaan reguler. Adalah tugas Anda untuk menemukan apa itu dan mewujudkannya lakukan untuk belajar.

Anda perlu bertukar fasilitas pelatihan dengan komitmen tinggi dari perusahaan hosting MT. Mereka tentunya berharap lulusan MT bisa menjadi pegawai yang berpengaruh di perusahaan.

Oleh karena itu, biasanya akan ada kesepakatan waktu dalam kontrak. 2 tahun seluruhnya. Jika Anda melanggar dan memutuskan untuk membatalkan sebelum kontrak berakhir, Anda bisa menghadapi denda besar.

Baca Juga  Cara Melamar Kerja Jadi Pramugari Kereta Api

Tingkat proyek:

Anda tidak mengharapkan pekerjaan Anda menjadi statis ketika Anda memulai sebuah proyek kontrak: akhir. Jangan bandingkan dengan pekerjaan biasa.

Sebagai peserta MT, pekerjaan Anda akan sangat dinamis kedepannya untuk menambah pengalaman dan wawasan Anda. Tugas pekerjaan Anda dapat dengan mudah diubah. Begitu pula dengan tempat kerja.

Baca juga: Manajemen Pengertian ahli, ruang lingkup, tujuan, fungsi jenis

Terkadang Anda bahkan dapat menghadapi tugas yang melebihi harapan. Tapi selama terikat kontrak, semuanya harus dilakukan. Jangan mencoba untuk mundur sampai Anda mampu membayar denda.

Jika Anda telah menyelesaikan tahap ini, Anda benar-benar dapat disebut sebagai karyawan. Kontrak akan diubah. Status Anda sama dengan karyawan lainnya.

Tingkat pekerjaan:

Bahkan, setelah bekerja, MT akan lebih diperhatikan oleh perusahaan. Mereka membuatnya lebih mudah untuk menaiki tangga karier.

Tentu saja, ini sangat wajar. Namun, alumni MT telah dilatih di sejumlah pekerjaan dengan pengalaman yang akan mereka latih di level manajerial.

Meski kualitasnya tetap harus ditunjukkan. Jika pengetahuannya berhenti setelah MT, akan sulit baginya untuk maju dalam karirnya. Lain halnya, jika itu benar-benar terjadi, karier akan naik lebih cepat.

Apa saja tugas-tugasnya? Management Trainee?

Seperti disebutkan sebelumnya, isi kontrak MT reguler berbeda. Ada masalah utama Magang Manajemen yang bukan milik karyawan biasa. Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan MT, tentunya Anda perlu mengetahui tanggung jawabnya.

Secara umum orientasi kegiatan peserta IT ditujukan untuk memperoleh ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya. Terutama yang terkait dengan kebutuhan untuk menaikkan level pemerintahan. Itu sebabnya ia akan sering berkomunikasi dengan manajer senior.

Berikut poin-poinnya, seperti yang dijelaskan Eduers.com::

  1. Kursus pelatihan untuk berbagai departemen perusahaan.
  2. Melaksanakan tugas antar departemen di perusahaan.
  3. Pelajari fungsi yang berbeda dari setiap lini staf perusahaan.
  4. Periksa sudut pandang manajemen, serta berbagai kebijakan perusahaan yang mempengaruhi setiap tahap bisnis.
  5. Bersama dengan manajemen senior, mereka menetapkan tujuan dan target efektivitas yang berbeda.
  6. Lakukan pemantauan kinerja Pelatih: dari perusahaan.
  7. Mengawasi pekerjaan staf senior yang berpengalaman. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pengetahuan tentang berbagai prosedur, metode, dan standar yang terkait dengan pekerjaan departemen.
  8. Berpartisipasi dalam pelatihan tentang fungsi departemen.
Baca Juga  Cara Melamar Kerja Online

Dalam satu kata, bisa diterapkan.com: Menyederhanakan 3 kegiatan utama peserta program MT. Itu adalah.

  1. Memahami bagaimana perusahaan menjalankan bisnisnya.
  2. Membantu manajer senior (incumbent) dalam melakukan berbagai tugas manajerial. Mulai dari pembuatan kebijakan hingga penetapan tujuan.
  3. Pelajari cara mengevaluasi kinerja orang-orang di perusahaan.

Hampir setiap perusahaan dapat menambahkan tugas lain. Tapi secara umum masalahnya akan seperti itu.

Itu jelas, bukan?

Keterampilan apa yang harus disiapkan untuk lulus? Management Trainee?

Tidak semua peserta MT dapat lulus berhasil menyelesaikan tugasnya sampai kontrak MT berakhir. Ada juga orang yang jatuh di tengah jalan.

Jika Anda tidak ingin mengikuti jejak mereka, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki keterampilan berikut: Cobalah untuk mengasah mulai sekarang.

Sedang belajar

Kemampuan ini ditandai dengan tingkat antusiasme yang tinggi terhadap pengetahuan dan pengalaman baru. Tidak ada rasa bangga merasa sudah menjadi pemukul besar. Pembelajar harus antusias senang mendengar atau belajar dari orang lain.

Membacanya! Apa itu portofolio? Jenis, fungsi, contoh cara melakukannya

Kepemimpinan:

Memang selama aktivitas MT, skill ini akan dibahas sampai stabil. Tapi akan lebih baik jika Anda sudah memilikinya sebelumnya keahlian: dasar dari pertanyaan ini. Setidaknya memiliki pengalaman menjadi pemimpin tingkat rendah.

Jika tidak, inilah produk baru hanya untuk Anda! Mulai dari penetapan tujuan, koordinasi, pengambilan keputusan, dan lainnya.

Antar pribadi:

Keahlian: Ini tentang kemampuan untuk menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitar Anda. Berupa kebiasaan mendengarkan keluhan orang, membantu orang, memberi solusi, memotivasi, dll. Intinya menebar hal-hal positif saat berinteraksi dengan lingkungan.

Sebagai manajer masa depan, memiliki keterampilan seperti itu sangat bermanfaat. Selain itu, dalam program MT Anda akan bertemu banyak orang dari berbagai latar belakang.

Larutan

Manajer pasti akan melawan masalah. Tidak hanya masalah pribadi tetapi juga masalah dengan tim, pelanggan, dan fasilitas. Ketahuilah bahwa tidak semua orang akan kuat dalam posisi ini.

Dalam program MT, Anda akan bereksperimen dengan hal-hal yang membutuhkan kemampuan ini. Agar tidak tinggal, mulai sekarang Anda harus memoles.

Baca Juga  Cara Melamar Kerja Jne

Komunikasi:

Menerima, memproses, dan mengirimkan pesan secara efektif juga merupakan keharusan bagi peserta TI. Proyek yang dilaksanakan mengharuskan semua peserta untuk berinteraksi dengan banyak orang. Banyak kerja koordinasi yang dibutuhkan.

Jadi bersiaplah untuk keterampilan komunikasi yang Anda butuhkan untuk memulai. Terima kasih jika: keahlian: Anda telah menguasainya sebelumnya. Seharusnya lebih mudah untuk menghindari fase MT.

Kemampuan beradaptasi

Pindah ke lingkungan baru adalah hal biasa bagi seorang peserta MT. Perusahaan ingin lulusan proyeknya dapat mewujudkan potensi penuh mereka di mana saja, dalam situasi apa pun.

Kecepatan adaptasi menjadi faktor utama ketika Anda mengalami tahap ini dalam program MT. Perusahaan akan dirugikan jika ada karyawan yang kesulitan menyesuaikan diri.

Efektif efektif

Indikator efisiensi dan efektivitas pasti akan berdampak baik bagi perusahaan. Menurut SOP, bekerja karena beberapa alasan, tidak terbiasa membuang-buang waktu, menjadi citra ideal perusahaan harapan.

Harapannya, ketika menjadi pemimpin, orang-orang ini akan selalu memiliki orientasi untuk mengejar kebijakan besar. Tidak ada pemborosan anggaran, tenaga, waktu, dll. Semua target berusaha mencapai penggunaan sumber daya dengan meminimalkannya.

Inovasi:

Persaingan ketat cepat menjadi ciri dunia industri di era 4.0. Semua hal baru muncul dengan sangat cepat, bahkan tidak terduga. Perusahaan yang membuka program MT kebanyakan menginginkan SDM yang bisa menjadi solusi untuk itu.

Solusinya ada pada citra seorang inovator. Orang yang selalu berusaha berpikir segar dan brilian untuk mendapatkannya wawasan besar untuk perusahaan. Pada tahap MT kamu juga akan dibahas mengenai skill ini.

Analisis:

Keterampilan penting lainnya bagi peserta Magang Manajemen yaitu analisis. Cara membaca data dan fakta yang dilihatnya dalam proses kerja perusahaan. Kemampuan ini akan erat kaitannya di masa depan untuk memastikan kebijakan terbaik bagi perusahaan.

Membacanya! Cara mudah menghitung break point

Ada sangat sedikit ruang untuk spekulasi di tingkat manajerial. Tindakan berbasis penelitian dan pengambilan keputusan adalah sesuatu yang perlu dipromosikan. Suka atau tidak? keahlian: analisis berperan di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *